Selasa, 08 Oktober 2013

Pengenalan Universitas Sam Ratulangi



UNIVERSITAS SAM RATULANGI








      

     Universitas Sam Ratulangi adalah salah satu universitas terkemuka di Sulawesi Utara. Dengan menjabat sebagai Rektor yakni bapak Prof. Dr. D. A. Rumokoy, SH, MH. Beliau membawa universitas Sam Ratulangi ini kearah yang lebih maju. buktinya kita bisa melihat bertambahnya minat para lulusan SMA/SMK dan sederajat untuk masuk dan mendaftar menjadi mahasiswa universitas ternama ini. Bukan hanya sebatas provinsi Sulawesi Utara saja, namun peminat lulusan SMA dan sederajat untuk masuk di universitas ini pun datang dari berbagai provinsi diseluruh Indonesia. Ada lulusan yang mendaftar dari daerah Timur Indonesia, sampai daerah Barat Indonesia. Bisa dibilang, unsrat sekarang sudah mulai menanjak dan akan menjadi Universitas terbaik se-Indonesia Timur. Sumber dari forum kompas juga menyatakan bahwa Universitas Sam Ratulangi memiliki peringkat ke-45 terbaik seluruh Indonesia. Ini juga merupakan kebanggaan bagi kita yang akan mendaftarkan diri menjadi mahasiswa Universitas Sam Ratulangi. Itu merupakan bukti nyata bahwa unsrat saat ini sudah mulai bangkit meningkatkan kualitas agar tercipta generasi yang lebih baik.
          Sekarang, unsrat telah memiliki 11 Fakultas. Masing-masing fakultas pastinya memiliki keunggulan masing-masing. Tinggal tergantung dari diri kita saja fakultas mana yang menurut kita cocok dengan keinginan dan kemampuan kita terhadap penerimaan materi dan teknik belajar. Fakultasnya antara lain:

1.  Fakultas Kedokteran










Fakultas Kedokteran unsrat adalah satu-satunya fakultas kedokteran yang ada di Sulawesi Utara. Fakultas Kedokteran didirikan pada tanggal 28 Mei 1959 (selanjutnya diperingati sebagai tanggal lahirnya Fakultas Kedokteran UNSRAT) dalam lingkungan Universitas Sulawesi Utara Tengah (UNSUT) selanjutnya diakui sebagai Fakultas Kedokteran Negeri pada tanggal 26 Desember 1965.
Program Study yang diajarkan di fakultas kedokteran unsrat adalah;
Program Studi S1    :
1.       Program Pendidikan Dokter
2.      Ilmu Kedokteran Gigi
3.      Ilmu Kesehatan Masyarakat
4.   Ilmu Keperawatan

Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS):
1.       Ilmu Penyakit Mata
2.      Ilmu Penyakit Dalam
3.      Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin
4.   Ilmu Bedah
5.      Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan
6.      Ilmu Kesehatan Anak
7.      Ilmu Rehabilitasi Medik

2.  Fakultas Teknik









       Pada tanggal 1 September 1964 Fakultas Teknik didirikan dengan satu jurusan yaitu Jurusan Teknik Sipil. Tahun 1968 diadakan program afiliasi dengan Departemen Teknik Sipil ITB di Bandung, dengan mengirimkan mahasiswa melanjutkan studi di ITB. Namun  sejak tahun 1980 Fakultas Teknik UNSRAT sudah menjalankan program yang menamatkan sendiri lulusannya. Pada tanggal 7 Maret 1977 dibuka program D-III Pendidikan Ahli Teknik dengan jurusan Teknik Sipil dan Arsitektur. Setahun kemudian dibuka jurusan Teknik Mesin dan Teknik Elektro. Penambahan program pendidikan S1 Teknik Arsitektur pada tahun 1983.
Pada tahun 1993 telah dibuka Program Studi S1 Teknik Elektro dan S1 Teknik Mesin. Tahun 1994 Fakultas Teknik mendapat permintaan dari beberapa instansi pemerintah yang berhubungan dengan pekerjaan rekayasa agar dapat menerima karyawannya yang berijasah D-III Keteknikan untuk melanjutkan studi ke tingkat S1 Teknik.
Jurusan Yang Ada di Fakultas Teknik:
1. TEKNIK SIPIL
2. ARSITEKTUR
  • Program Studi S1 Arsitektur
  • Program Studi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota
3. TEKNIK ELEKTRO
  • Program Studi S1 Teknik Elektro
  • Program Studi S1 Teknik Informatika
4. TEKNIK MESIN 

3.  Fakultas Pertanian






      Didirikan sejak tanggal 1 Mei 1960 dengan nama Fakultas Pertanian dan Peternakan yang bernaung dalam Universitas Sulawesi Utara yang berbentuk swasta. Pada tahun 1961 Universitas Sulawesi Utara beralih status menjadi Universitas Negeri, pada tahun 1963 berganti nama Universitas Sulawesi Utara Tengah (UNSUT) dimana Fakultas Pertanian dan Peternakan terpisah menjadi dua fakultas.

Program Studi S1 yang diajarkan Fakultas Pertanian:
1.     AGRIBISNIS (Sosial Ekonomi Pertanian)
2.     AGROEKOTEKNOLOGI:
- Agronomi
- Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan
- Ilmu Tanah
3.    TEKNIK PERTANIAN
4.    ILMU DAN TEKNOLOGI PANGAN (Teknologi Hasil Pertanian)
5.    KEHUTANAN

4. Fakultas Peternakan




     Didirikannya Fakultas Peternakan adalah untuk menjawab kebutuhan ilmu dan teknologi dibidang peternakan guna memenuhi permintaan masyarakat akan protein hewani dan didirikan pada tanggal 17 Agustus 1963. Sebelumnya, Fakultas Peternakan bergabung dengan Fakultas Pertanian di bawah Universitas Sulawesi Utara – Tengah yang berstatus perguruan tinggi swasta, yang kemudian menjadi Universitas Negeri.

Program Studi S1        :  PETERNAKAN
Minat :         -  Produksi Ternak,
-  Nutrisi dan Makanan Ternak
-  Sosial Ekonomi Peternakan.
 
5.  Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK)








        
           Fakultas ini didirikan pada tahun 1965. Selama dasa warsa pertama (1967-1977), Program Pendidikan Sarjana Perikanan berafiliasi dengan Fakultas Perikanan Institut Pertanian Bogor (IPB). Program pendidikan tiga tahun pertama yakni untuk mencapai tingkat Sarjana Muda (BSc), dilaksanakan di Unsrat, selanjutnya untuk tingkat IV dan V diselesaikan melalui program afiliasi. Pada tahun 1977-1987 program pendidikan Sarjana Perikanan tidak lagi berafiliasi ke Institut Pertanian Bogor melainkan sepenuhnya dilaksanakan di Fakultas Perikanan UNSRAT.  Akhirnya, setelah berkiprah selama 31 tahun, Fakultas ini berubah namanya menjadi Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dan pada tanggal 5 Desember 1996 diperingati sebagai Dies Natalis FPIK UNSRAT.
Program Studi S1:
1.     MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN
2.    ILMU KELAUTAN
3.     BUDIDAYA PERAIRAN
4.    TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN
5.    PEMANFAATAN SUMBERDAYA PERIKANAN
6.    AGRIBISNIS PERIKANAN (Sosial Ekonomi Perikanan)

6.  Fakultas Ekonomi dan Bisnis









Pada awal berdirinya Fakultas Ekonomi & Bisnis hanya memiliki 2 jurusan yaitu Jurusan Ekonomi Umum dan Jurusan Ekonomi Perusahan. Di tahun 1980 nama kedua jurusan tersebut berubah menjadi Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan dan Jurusan Manajemen. Khusus Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan di tahun 2000 berubah pula menjadi Jurusan Ilmu Ekonomi. Tahun 1981, dibuka Jurusan dan menjadi jurusan yang mandiri di tahun 1994.
Pada tahun 1993 didirikan Program International Business Administration (IBA). Program ekstensi dibuka pada tahun 1996. Program pendidikan Strata-2 jalur profesi, yaitu Program Magister Manajemen dengan gelar MM dibuka pada tahun 2000. Pada tahun 2004 Jurusan Akuntansi mendapatkan rekomendasi dari Ikatan Akuntan Indonesia untuk menyelenggarakan Pendidikan Profesi Akuntasi (PPA). Program Magister Ekonomi Pembangunan dengan gelar MEP pada tahun 2003, dan Program Akuntasi Keuangan Daerah pada tahun 2007.

Program Studi S1:
1. EKONOMI PEMBANGUNAN
2. MANAJEMEN & INTERNASIONAL BUSINESS ADMINISTRATION (IBA)
3. AKUNTANSI

Program Studi S2 :
1. MAGISTER MANAJEMEN (MM)
2. MAGISTER EKONOMI PEMBANGUNAN (MEP)
3. AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH

7.  Fakultas Hukum


 


Fakultas Hukum terbentuk pada tanggal 1 agustus 1958. Dan pada tahun 1961, fakultas hokum berubah status dari swasta, menjadi fakultas hokum negeri.
Program Studi S1     :  BIDANG ILMU HUKUM
Bagian :
1.     Dasar-dasar Ilmu Hukum                
2.    Hukum Keperdataan                
3.    Hukum Pidana                    
4.    Hukum Tata Negara
5.    Hukum Administrasi Negara
6.    Hukum Internasional
7.    Hukum dan Masyarakat
8.    Hukum Acara

 8.  Fakultas Ilmu Sosial dan Politik









Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISP) berdiri pada 1 Agustus 1958 dengan nama Fakultas Tata Praja dan merupakan fakultas keempat dari PERGURUAN TINGGI MANADO (PTM) yang berstatus swasta. Pada  tahun 1960 diubah menjadi UNISUTPada tanggal 1 Oktober 1962 FISIP dintegrasi pada Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat sebagai jurusan otonom. Selanjutnya pada tahun 1981 Jurusan Sosiologi dan Ilmu Politik dintegrasikan ke dalam Jurusan Ilmu Pemerintahan, sedangkan Jurusan Sosiatri dipadukan dengan Sosiologi menjadi Jurusan Sosiologi.
Program Studi S1:
1.  ILMU ADMINISTRASI NEGARA      
2.   ILMU KOMUNIKASI    
3.  ILMU ADMINISTRASI NIAGA        
4.  ILMU PEMERINTAHAN        
5.  SOSIOLOGI
6.  ILMU POLITIK
7.  PERPUSTAKAAN
8.  ANTROPOLOGI SOSIAL (ANTROPOLOGI)

9.  Fakultas Ilmu Budaya









          Fakultas Ilmu Budaya berdiri sejak tanggal 1 Februari 1965, terdiri dari 5 jurusan yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jerman, Antropologi dan Sinologi; tetapi Jurusan Sinologi ditutup karena kekurangan tenaga pengajar. Pada bulan Januari 1968 dibuka jurusan baru yaitu Jurusan Pengetahuan Sejarah sebagai peningkatan dari Jurusan Sinologi, sementara Jurusan Antropologi dipindahkan ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Disamping Progam  Sarjana di atas, juga dibuka program Diploma 3 (D-3) Jurusan Bahasa Jepang pada tahun 2004.
Program Studi S1:
1.     SASTRA INDONESIA
2.     SASTRA INGGRIS
3.    SASTRA JERMAN
4.    ILMU SEJARAH

10.      Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam










Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) didirikan tanggal 26 Februari 1998 sebagai fakultas ke-sepuluh atau fakultas termuda dalam lingkungan UNSRAT. Gagasan mendirikan Fakultas MIPA dirintis sejak dilaksanakan Lokakarya Ilmu-ilmu Dasar di UNSRAT pada bulan Mei 1989 yang menyimpulkan perlunya suatu wadah untuk pengembangan ilmu-ilmu dasar di Unsrat.
Pada tahun 1993 Badan MIPA diubah menjadi Unit Pelayanan Pendidikan MIPA. Sejak tahun ajaran 1992, pelayanan terhadap fakultas-fakultas eksakta di lingkungan UNSRAT, khususnya Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan telah melaksanakan kegiatan perkuliahan Fakultas MIPA yang juga dilengkapi dengan laboratorium untuk mendukung kegiatan perkuliahan.
Program Studi S1 :
1.     MATEMATIKA (Matematika dan Sistem Komputer)
2.    FISIKA
3.    BIOLOGI
4.    KIMIA (Ilmu Kimia dan Farmasi)

11.      Fakultas Kesehatan Masyarakat







Didirikan pada bulan April 2009. Merupakan Fakultas yang paling baru berdiri.
Program Study:Ilmu Kesehatan Masyarakat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar